[Kata Hari Ini] Gadget atau Acang

Tentunya kita semua sudah sering mendengar kata gadget. Kata ini sering diucapkan, ditulis oleh semua orang sebagai istilah atau sebutan barang elektronik yang digunakan untuk memudahkan atau membantu dalam pekerjaan sehari-hari.

kalau dalam bahasa Inggris, Gadget memiliki definisi:

a device or control that is very useful for a particular job

Familiarity information: GADGET used as a noun is very rare.

sumber : klik di sini

namun ada juga yang mendefinisikan dengan kalimat yang berbeda namun memiliki arti yang mirip, silahkan intip di sini

Terkadang kita temui ada kalimat sebagai berikut: Budi merupakan kolektor gadget, sebagai seorang maniak gadget, dia menganggarkan kurang lebih Rp5.000.000 untuk memuaskan hobinya itu.

Nah apakah Anda tahu isitlah gadget dalam bahasa Indonesia? setelah mencari-cari istilah dalam bahasa Indonesia, akhirnya saya menemukan isitlahnya. Dalam bahasa Indonesia gadget disebut dengan ACANG. Ya Anda tidak salah membacanya, ACANG. terasa asing dan cukup aneh apalagi populer di telinga kita. Bila suatu saat ada kalimat seperti ini:
Budi merupakan kolektor acang, sebagai maniak acang, dia menganggarkan kurang lebih Rp5.000.000 untuk memuaskan hobinya itu. Anda jangan merasa aneh dan terkejut.

Saya tidak tahu darimana kata Acang itu diambil, kalau dipikir-pikir acang juga dapat suatu singkatan dari Alat Canggih, atau suatu ekspresi terkejut Aih Canggihnya atau mungkin ada pemikiran yang lain?

Sekali lagi istilah Gadget dalam bahasa Indonesia adalah Acang, dan ini tertera jelas di sini

Posted in Umum | Leave a comment

Suvenir Kawinan

Bagi banyak orang yang akan menikah, salah satu hal yang dipersiapkan adalahsuvenir. Pasangan yang akan menikah tersebut terkadang mempersiapkan suvenir yang akan diberikan kepada tetamu yang hadir dengan maksimal bahkan ada juga yang pokoknya diberi suvenir. Pemilihan suvenir ini kerap kali sama njelimetnya dengan pemilihan kartu undangan nikahan. bahkan tak jarang harga suvenir itu mahal sekali yang tentunya ukuran mahal itu untuk tiap orang pasti beda.

 

Continue reading

Posted in Umum | Leave a comment

Hilang Sudah Rasa Penasaran Ini

Beberapa waktu yang lalu secara sekilas melihat mobil yang melintas di depan saya, dan saya membatin wah keren nih mobil. Tapi sayang tidak merk dan type mobil apa. Beberapa waktu kemudian eh melihat lagi mobil yang sama berwarna biru, dan sempat kukejar dan lumayan tahu merknya yaitu Honda namun tetap tidak tahu type mobilnya apa.

Eh, selang 2 bulan kemudian secara tidak sengaja melihat mobil yang sama dengan warna berbeda sedang parkir di daerah Ijen Malang, langsung saja aku samperin dan melihatnya, setelah diamati memang keren dan cool tuh mobil dan langsung jatuh cinta :D .

Setelah searching di google dan wiki ternyata mobil itu sudah tidak diproduksi lagi. diproduksi dari tahun 1999-2006 dan mobil itu adalah Honda HRV. untuk mendapatkan mobil ini harus merogoh kocek Rp120.000.000,00 kl tidak salah. dan itupun harga bekas. jika aku punya uangpun kukhan beli mobil itu meski bekas :D

mobil ini kategori SUV dan 4×4 ada yang 2(3) pintu dan 5 pintu.1600 cc, 16 valve SOHC, ada pula yang VTEC SOHC

Berikut penampakan mobil Honda HRV yang diambil dari berbagai sumber
1. http://tr.wikipedia.org/wiki/Dosya:Honda_HR-V_%28first_generation%29_%28front%29,_Kuala_Lumpur.jpg
2. http://www.cars-directory.net/gallery/honda/hr-v/1998/honda_hr-v_3782142_3_orig.html
3.
http://en.wikipedia.org/wiki/Honda_HR-V
4. dan sumber2 yang lain yang linknya sudah keburu saya tutup :D


Posted in Umum | Leave a comment

Satu Hari = 837.5 Rupiah

Tak terasa hampir satu tahun sepatu kerja ini aku pakai. Belinya sih ga mahal karena selalu membeli jika ada musim diskon :) . Entah mengapa sejak lama kaki saya itu cukup nyaman dengan sepatu dengan merk buccheri. Karena sepatu ini cukup mahal sekitar 300rb-an ya sudah saya beli jika pas ada momen natal, tahun baru atau lebaran. lumayan diskon bisa sampai 50%.

Sepatu ini saya beli dengan harga 167.500 sudah diskon 50%. Entah harga segitu murah atau mahal tp buat kerja harga segitu bagi saya masih terasa pantas. Setelah dipakai kurang lebih satu tahun ta terasa sepatu ini sudah mulai rusal di bagian sol-nya. Sebenarnya masih bisa digunakan jika mau mengelem atau menjahitnya. Taruh kata sepatu ini dibuang tak dipakai lagi maka untung menghitung kira-kira murah atau tidak, harganya wajar atau tidak maka saya menghitungnya harga sepatu tersebut per hari.

Jika diasumsikan dalam 1 tahun 365 hari dan hari efektif sepatu itu dipakai adalah 200 hari maka, harga sepatu per hari adalah : 167.500 / 200 = 837.5

Maka harga sepatu per hari adalah 837.5 rupiah. Saya rasa cukup murah dengan jangka waktu pemakaian per hari 9 jam.

Bagaimana dengan sepatu Anda?


gambar foto diculik dari sini http://julaysundibasuki.blogspot.com/2010/07/dijual-cepat-sepatu-kulit-bermerk.html

gambar sepatu tersebut hampir identik dengan punya saya lho

Posted in Umum | Leave a comment

Buku yang Saya Baca Sepanjang Tahun 2011

Nulis ini terinspirasi dengan tulisan mpers yang menulis tentang buku yang dibaca sepanjang tahun 2011.

Jika dicermati tidak terlalu banyak buku yang saya baca yang dapat dikategorikan populer. Sebagian yang saya baca buku-buku komputer dan kok ga cocok dituliskan disini. Jadi ini adalah buku-buku yang saya ingat yang saya baca (karena saya di kantor maka tidak dapat mengecek dengan koleksi yang ada di rumah). so ini dia listnya

Continue reading

Posted in Umum | Leave a comment